Motivasi Melayani Tuhan










II KORINTUS 5:9-21

 

Apa yang kita percaya dan bagaimana kita bertingkah laku mestinya memiliki keselarasan. Paulus biasanya menghubungkan dengan istilah doktrin dan tugas atau kewajiban.Tahu doktrin, atau ajaran Alkitab, wajib hidup mentaati kebenaran.

Terkait dengan motivasi melayani, dapat dipahami, apa yang Allah kerjakan untuk kita, itulah yang memotivasi kita untuk mengerjakan sesuatu bagi Tuhan. Kita bukan melayani untuk mendapat berkat; kita bukan menyembah Tuhan untuk dapat berkat; kita bukan memuji Tuhan untuk dapat berkat; kita bukan meratap untuk menghadirkan Tuhan. Tetapi sebaliknya karena Tuhan telah membaharui hidup kita, memberkati kita, dan menyelamatkan kita, maka kita melayani Tuhan.

Apakah yang dimaksud dengan pelayanan Kristen?

1. Pelayanan Kristen adalah menjangkau orang untuk didamaikan dengan Allah (2 Korintus 5:20).

2. Pemberitaan kabar baik tidak pernah menggunakan cara licik, karena yang mendamaikan manusia dengan Allah, adalah Allah sendiri. Berita tentang Korban Kristus di Salib adalah fakta yang mendamaikan manusia berdosa dengan Allah yang Kudus,


 

PAULUS MENGATAKAN, BERITAKU KEPADAMU ADALAH BENAR, MOTIVASIKU ADALAH MURNI DAN JUJUR (1 TIM 2:3)

 

3 Motivasi Pelayanan Rasul Paulus:

1. Takut akan Tuhan.

Paulus bersyukur atas karya Allah yang Agung dan telah mengampuni dosanya. keagungan Tuhan membuat Paulus gentar, siapakah dirinya yang dapat beroleh kasih karunia Tuhan?(2 Kor 5:9-13)

Ambisi menyenangkan Tuhan. Orang yang memahami dirinya ditebus oleh Tuhan dari dosa dan kesalahannya, hanya akan hidup untuk menyenangkan Tuhan yang baik.

Ingin Bertemu Tuhan dengan tanpa malu(1 Yohanes 2:28). Pelayanan kita dinilai Allah, tidak ada yang dapat disembunyikan dari Allah. Ketika bertemu dengan Tuhan, Paulus berharap dapat mendapatkan mahkota dari Allah yang baik yang menghargai jerih lelahnya dalam Tuhan.

Menjangkau manusia berdosa. ALLAH memberikan mandat untuk orang percaya memberitakan kabar baik tentang pengampunan dosa keseluruh dunia. 

 

2. Kasih Kristus ( 2 Kor 5: 14-17)

Bagaimana mungkin takut dan kasih diam dalam hati yang sama? Itu ditemukan dalam hati anak-anak yang mengasihi orang tua dan hormat kepada orang tua, juga pada otoritas orang tua. Kita mengasihi Allah, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.


Kristus mati dan kita diidentifikasikan dalam kematian Kristus. Aku disalibkan dengan Kristus. (Galatia 2:20)

Kita bukan hanya mati dengan Kristus, tetapi kita juga dihidupkan bersama dengan kristus. Karena kita mati dengan Kristus, maka kita dapat mengalahkan dosa dalam Kristus. Dalam Kristus kita dapat berbuah untuk kemuliaan Tuhan


3. Perintah Kristus (2 Korintus 5 18-21)

Karena pemberontakan manusia, manusia menjadi musuh Allah dan tidak dapat berhubungan dengan Allah. Melalui salib Kristus mendamaikan manusia dengan Allah. Berita pendamaian manusia berdosa diperintahkan Yesus untuk diberitakan keseluruh dunia.

 

Dr. Binsar A. Hutabarat, M.Th.

https://www.joyinmyworld.com/2020/07/motivasi-melayani-tuhan.html


No comments:

Post a Comment